TUGAS II
Nama : Taty Listiawati
NPM : 27208040
Tugas : Bahasa Indonesia I
EJAAN
I. Ejaan adalah :
1. tatacara penulisan huruf, kata, kalimat, tanda baca, berikut pemenggalan dan penggabungannya dalam suatu bahasa.
2. seperangkat aturan tentang keseluruhan cara penulisan bahasa dengan menggunakan huruf, kata dan tanda baca sebagai sarananya.
II. Ruang lingkup EYD mencakupi lima aspek, yaitu :
1) Pemakaian huruf membicarakan masalah yang mendasar dari suatu bahasa, yaitu :a) abjad b) vokal c) konsonand) pemenggalane) nama diri
2) Penulisan huruf membicarakan beberapa perubahan huruf dari ejaan sebelumnya yang meliputi :a) huruf kapital b) huruf miring
3) Penulisan kata membicarakan bidang morfologi dengan segala bentuk dan jenisnya berupa :
a) kata dasar
b) kata turunan
c) kata ulang
d) gabungan kata
e) kata ganti kau, ku, mu, dan nya
f) kata depan di, ke, dan dari
g) kata sandang si, dan sang
h) partikel
i) singkatan dan akronim
j) angka dan lambang bilangan.
4) Penulisan unsur serapan membicarakan kaidah cara penulisan unsur serapan, terutama kosakata yang berasal dari bahasa asing.
5) Pemakaian tanda baca (pugtuasi) membicarakan teknik penerapan kelima belas tanda baca dalam penulisan. Tanda baca itu adalah :a) Tanda titik (.) b) Tanda koma (,) c) Tanda titik koma (;) d) Tanda titik dua (:) e) Tanda hubung (-) f) Tanda pisah (--) g) Tanda elipsis (…) h) Tanda tanya (?)i) tanda seru (!)j) tanda kurung ((…))k) tanda kurung siku ([ ])l) tanda petik ganda (“…”)m) tanda petik tunggal (‘…’)n) tanda garis miring (/)o) tanda penyingkat (‘)
III. Perlu, Karena ketiadaan ejaan akan menyulitkan komunikasi dan memberikan peluang untuk kesalahpahaman, dan Karena ejaan merupakan kaidah yang harus di patuhi oleh pemakai bahasa demi keteraturan dan keseragaman bentuk, terutama dalam bahasa tulis. Keteraturan bentuk akan berimplikasi pada ketepatan dan ke jelasan makna.
IV Perana ejaan bagi ragam tulisan
a. Sebagai sumber referensi atau rujukan bagi banyak orang dalam menulis.
b. menggantikan bebrapa unsur non bahasa yang diperlukan untuk mumpelajari gagasan atau pesan
c .Mencegah terjadinya multi penafsiran pada tiap-tiap orang yang membaca karena telah terpenuhinya aspek-aspek berikut ini :
1.Pemilihan kosa kata dilakukan secara tepat.
2.Pembentukan kata dilakukan secara sempurna.
3.Kalimat yang dibentuk dengan struktur yang lengkap. 4.Paragraf dikembangkan secara lengkap dan terpadu
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar